Jelang Perhelatan Pemilu 2024, Ketua DPD PWRI Lampung Himbau Awak Media Agar Tetap Jaga Netralitas

Ketua DPD PWRI Lampung

Lampung, Realita.co.id - Ketua DPD Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Provinsi Lampung Darmawan S.H,M.H mengingatkan agar wartawan dan media menjaga netralitas pemberitaan dalam menghadapi Pemilu di 2024 mendatang.Peran media dalam rangka turut menyukseskan Pemilihan Umum sangat penting dan harus bisa menyajikan informasi edukatif.

"Tugas media ini bagaimana memberikan informasi terhadap masyarakat dan bersikap independen untuk menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk sehingga menghasilkan karya yang mampu mengedukasi pembaca.Peran Media dalam Mewujudkan Pemilu Serentak Tahun 2024 yang Demokratis dan Berintegritas yang diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada peserta,pemilih maupun penyelenggara pemilu dalam menghimpun informasi hingga mengonstruksi suatu berita.Ungkap Darmawan pada saat melakukan kunjungan dengan pengurus DPC PWRI Kabupaten Lampung Selatan dan untuk di provinsi Lampung sudah ada 13 DPC PWRI Kabupaten & Kota yang sudah berjalan. 

Menurut Darmawan, media harus bisa menyajikan informasi yang mengandung nilai-nilai positif, seperti optimisme dan sejenisnya.Ada empat fungsi atau peran media yang diuraikan dalam Undang Undang Nomor 40/1999 tentang Pers, yakni informatif, edukatif, kontrol sosial, dan hiburan.

"Di tengah banjir informasi melalui media sosial,media harus mampu menjadi penangkal dari informasi liar di media sosial, karena media merupakan benteng terakhir yang harus menyajikan informasi akurat dan bermanfaat, salah satunya mengenai pemilu".agar suasana pesta demokrasi bisa berjalan sesuai harapan kita bersama,berlangsung dengan baik, aman dan kondusif. 

Darmawan juga menjelaskan bahwa kerja wartawan tidak lepas dari Kode Etik Jurnalistik (KEJ) yang harus dipahami dan dipatuhi oleh setiap jurnalis.

"Kode etik ini dimiliki oleh setiap instansi atau organisasi apapun. Karena sebagai bentuk perlindungan baik kepada masyarakat, juga jurnalis," ucap dia. 


Red/Hada

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antisipasi Kelangkaan Pupuk Subsidi Tahun 2023, Dinas Petranian TPHP Bangkalan Koordinasi dengan PT. Pupuk Indosesia

Tak Ingin Anak Takut Divaksin, Briptu Navynda Temani Anak SD Saat Vaksinasi Covid-19

Polsek Cileungsi Polres Bogor Ungkap Pelaku Pengeroyokan di Desa Cileungsi Kidul